Prabowo Subianto Pimpin The 10th ASEAN Defence Minister’s Meeting Plus 2023: Mendorong Kerjasama Global untuk Keamanan dan Perdamaian

JAKARTA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, memimpin acara The 10th ASEAN Defence Minister’s Meeting Plus 2023, yang melibatkan Menteri Pertahanan dari negara-negara anggota ASEAN serta Menteri Pertahanan atau perwakilan dari delapan negara mitra ASEAN, termasuk Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin. Dalam pidato pembukaannya, Prabowo menekankan pentingnya perdamaian dan keamanan, mendorong kolaborasi di antara peserta untuk mencapai tujuan tersebut.


“Dengan semangat perdamaian, kemakmuran, dan keamanan, kami saat ini bertekad untuk merealisasikan komitmen bersama dalam memperkuat dialog antara ASEAN dan negara-negara mitra, guna mengatasi tantangan keamanan yang kompleks dan terus berkembang,” ujar Prabowo saat membuka The 10th ASEAN Defence Minister’s Meeting Plus di Jakarta Convention Center (JCC) pada hari Kamis (16/11/2023).

Prabowo turut menyambut kehadiran Menhan Timor Leste Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes yang untuk pertama kalinya mengikuti rangkaian pertemuan ADMM Plus sebagai pengamat (observer). Dia menyebut kehadiran Menhan Timor Leste merupakan momentum untuk mewujudkan diskusi yang konstruktif, yang ditujukan untuk kepentingan bersama.

“Saya ingin menyampaikan kepada para menteri hari ini, Menteri Pertahanan Timor Leste diterima untuk pertama kalinya bergabung dalam forum ADMM Plus, dan ini merupakan momentum setelah disahkan panduan untuk status observer Timor Leste di ADMM, ADMM Plus, dan pertemuan terkait lainnya,” kata Prabowo.

Pertemuan ADMM Plus ke-10 itu dihadiri seluruh menhan ASEAN, kecuali Myanmar. Para menteri negara-negara ASEAN yang hadir, yaitu Menhan Kamboja/Wakil Perdana Menteri (PM) Kamboja Jenderal Tea Seiha; Menhan Laos/Wakil PM Laos Jenderal Chansamone Chanyalath; Menhan Singapura Ng Eng Hen, Menhan Filipina Gilberto C Teodoro, Jr.

Hadir pula Menhan Malaysia Dato Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan; Menhan Thailand Sutin Klangsang; Menhan Vietnam Jenderal Phan Văn Giang; dan Menhan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Mayor Jenderal (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Sementara itu, Timor Leste, yang statusnya masih sebagai pengamat dalam ADMM ke-17, diwakili oleh Menhan Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes.

Dari jajaran delapan negara mitra ASEAN, menteri pertahanan/perwakilan mereka yang hadir secara langsung di ADMM Plus ke-10, yaitu Menteri Industri Pertahanan Australia Pat Conroy, Wakil Kepala Staf Gabungan Komisi Militer Pusat China Jing Jianfeng, dan Menhan India Shri Rajnath Singh.

Turut hadir juga Menteri Pertahanan Korea Selatan, Kim Seonho, serta perwakilan dari negara-negara lain, antara lain Wakil Menteri Pertahanan Selandia Baru, Richard Anthony Schmidt, Menteri Negara Urusan Pertahanan Jepang, Miyazawa Hiroyuki, dan Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Kolonel Jenderal/Letnan Jenderal Alexander Fomin. (GGM/dtk)

Print Friendly, PDF & Email
Previous post KPK Melakukan Penggeledahan di Rumah Anggota DPR Vita Ervina Terkait Dugaan Korupsi Kementerian Pertanian
Next post Persiapan Pemilu 2024: KPU RI Gelar Deklarasi Pemilu Damai Sehari Sebelum Masa Kampanye Dimulai